10 Komponen Penting Dalam Mendesain Web

 

Sebenarnya anda tidak perlu terlalu handal dalam merancang suatu web atau bahkan ahli dalam koding guna menghasilkan tampilan web yang menarik sekaligus SEO-Friendly. Hal yang perlu dilakukan cuma memerhatikan bahwa web mempunyai 10 komponen penting yang akan dibahas berikut ini,

 

10 Komponen Penting Dalam Mendesain Web

Merancang suatu web, sama seperti merancang busana, akan selalu berubah seiring perkembangan zaman. Terdapat trend terbaru, terdapat pula yang berupa suatu pengulangan dari trend beberapa tahun terakhir. Namun, elemen-elemen esensial di dalamnya pun tidak banyak berubah.

Elemen desain web tak hanya supaya web enak dilihat, namun juga supaya semakin mempermudah pembaca serta Google Crawler saat menjelajahi web kita. Dan maksudnya adalah hal ini bertujuan untuk meningkatkan User Experience (UX).

 

Pilihan Warna

Situs web bukanlah suatu kanvas berisi lukisan abstrak, apabila tengah menyalurkan suatu informasi kepada pembaca, tidak sedang mendistraksi mata mereka. Hal terpenting dari situs web yaitu konten, usahakan untuk tidak sampai warna latar yang digunakan lebih heboh daripada konten itu sendiri.

Warna pun sangat mempengaruhi psikologi pembaca, menghasilkan mood, malah menyelusup ke alam bawah sadar. Warna, dapat menyampaikan simbol dirinya bahkan tanpa disertai oleh teks. Untuk itu mengapa pemilihan warna adalah sesuaut yang paling penting dalam mendesain web.

 

Jenis Huruf

Cara untuk menentukan huruf yang akan digunakan pada web (web fonts) merupakan hal yang berbeda saat menentukan huruf sebagai materi cetak misalnya brosur, pamflet, buku, dan lain-lain. Karena saat membaca di layar, mata seseorang akan lebih cepat lelah ketimbang saat membaca di atas kertas. Baca Juga : Langkah Dasar Membuat Web Responsive

 

White Space

White space bertujuan sebagai pembantu mata manusia mengelola data. Untuk Anda yang belum paham dengan istilah yang ada di desain, white space dapat diartikan sebagai ruang kosong berupa pemisah antara satu elemen dengan elemen lainnya. Situs web sendiri merupakan sebuah ruang berisi berbagai informasi, agar informasi tersebut dapat diolah dengan baik oleh mata pembaca, untuk itu ruang kosong digunakan sebagai penjeda.

 

Tombol Search

Dijamin, tidak akan ada yang lebih membuat kesal selain saat berkunjung ke sebuah situs web namun tidak mendapatkan tombol search. Dari sana pun kita tidak akan pernah tahu apa yang hendak dicari oleh pembaca saat berkunjung ke situs web. Navigasi, kategori, serta label merupakan pilihan yang diberikan, sementara tombol search merupakan pilihan alternatif. Pembaca pun tidak mempunyai waktu yang cukup guna mencari dari satu kategori ke kategori lain maupun dari satu konten ke konten lain.

 

 

Layout

Layout merupakan suatu situs web sebaiknya diperhatikan letak penyusunan elemen-elemen desain yang membuat mudah para pembaca guna mencerna apa yang tengah disampaikan. Jangan lupa untuk memerhatikan hierarki serta keseimbangan layout secara menyeluruh. Susunan paling umum yatu atas-bawah-kiri-kanan.

 

 

Laman Kontak

Laman kontak sangat berpengaruh terhadap autoritas. Pembaca dan klien pun harus tahu apakah situs yang dikunjungi benar-benar dimanage oleh perusahaan atau orang asli, dan bukanlah sesuatu yang fiktif. Laman kontak juga memberikan kemudahan guna para pelanggan menghubungi kita. Sebab, seseorang yang sukar untuk dikontak akan menyebalkan.

 

Navigasi

Navigasi ibarat denah atau petunjuk jalan yang memudahkan pembaca untuk mencari kategori konten atau produk apa pun yang mereka inginkan. Letakkan navigasi di tempat yang mudah ditemukan, juga pilih bentuk navigasi yang mudah digunakan agar pembaca betah berlama-lama di situs Anda. Navigasi juga bertujuan seperti sistem kearsipan: mudah menyimpan dan menemukan data.

 

 

 

Laman “About Me/Us”

Apabila blog anda bukanlah perusahaan besar, tidak mempunyai jenis bisnis yang spesifik, atau bergerak di bidang bisnis baru, bahkan bukan pemilik situs web yang sangat terkenal, laman “About Me/Us” mempunyai beberapa kegunaan :

  • Memberikan informasi mengenai diri/perusahaan Anda.
  • Memberikan informasi mengenai jasa/produk yang Anda miliki.
  • Mendeskripsikan dengan spesifik mengenai bidang yang digeluti.
  • Membuat suatu engagement dengan pembaca.

Apabila Anda merupakan seorang blogger, laman “About Me” akan membuat calon klien menjadi lebih mudah menemukan informasi tentang informasi diri Anda.

 

Footer yang Informatif

Footer mungkin saja dapat berisi pengulangan informasi dengan catatan informasi itu memang krusial. Dan mungkin juga berupa tambahan informasi seperti copyright, sitemaps, privacy policy, dan bahkan informasi lain yang memberikan kemudahan kepada pembaca.

 

Kualitas Image

Kendati demikian, anda harus tetap memerhatikan aspek-aspek visual guna memikat para pengunjung web. Tak hanya itu, ilustrasi serta foto juga mempunyai fungsi guna mendeskripsikan serta melengkapi konten.

Dan itulah beberapa komponen dalam merancang web yang dapat anda aplikasikan sendiri pada website anda apabila anda hendak membangun suatu website yang UX atau User Friendly. Demikian artikel ini disampaikan, Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *