Desain web merupakan salah satu cabang dari desain yang kegiatannya mencakup dari beberapa keahlian dalam satu waktu. Hal tersebut jelas membuat bagi banyak orang terutama kaum awam yang baru memulai mendesain web merasa bingung saat hendak mempelajar desain web. Mungkin terbesit dalam pikiran, Darimana dulu kita harus belajar desain web? Apakah dari pemrogramannya terlebih dahulu?

Atau kita mesti memulai dari bagian mendesain menggunakan Photoshop?

Terdapat tiga komponen yang pada dasarnya merupakan hal sederhana dalam dunia desain web, namun akan selalu dapat dijadikan acuan dalam merancang sebuah website agar terlihat profesional, yakni meliputi :

  • Warna (color)

merupakan komponen terpenting, sebab ini menyangkut bagaimana memadukan komposisi warna agar terlihat menampilkan suatu kesan yang bermakna terhadap setiap pengunjung web. warna juga diklaim dapat menyalurkan emosi psikologi kepada pengunjung web. seperti misalnya warna biru akan menyampaikan kesan corporasi serta kalem, pink bisa berarti feminim atau bisa juga kasih sayang, hijau bisa diartikan sebagai kesan natural, organic atau kesehatan, dan masih banyak lagi.

  • Typography (fonts)

Ini juga merupakan elemen terpenting, sebab ini juga tertaik bagaimana kita memakai jenis huruf yang tepat dan menarik mata dengan sebuah tema website yang akan di rancang. Umumnya terdapat 2-3 jenis huruf yang akan digunakan dalam sebuah website. satu jenis untuk judul, lalu untuk button, dan satunya lagi untuk content.

  • Trend design

Menggunakan model-model website terbaru merupakan elemen terpenting lainnya yang wajib anda pertimbangkan dalam merancang suatu website, Dengan begitu website yang akan dirancang tidak terlihat membosankan. seperti saat ini model trend design tidak cuma berlaku untuk pc atau komputer , tapi harus bisa mencakup gadget berupa smartphone, atau istilah bekennya adalah responsive. dimana responsive adalah segelintir proses dimana view akan dapat menyesuaikan dengan sendirinya berdasarkan ukuran layar.

Dan begitulah elemen terpenting yang akan selalu bisa anda jadikan bahan acuan dalam mendesain web. Elemen-elemen tersebut bisa dikatakan timeless, dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *