Dalam prosesnya, membuat website memang tidak selalu identik dengan penggunaan software. Sebab software menawarkan proses merancang sebuah website sesuai keinginan anda. Mepunyai website sendiri juga dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan anda, terdapat banyak sekali manfaat yang diperoleh saat membuat website.

Misalnya untuk berjualan via online, membuat portal berita online, iklan dan lain masih banyak lagi. Llau merancang sebuah website juga merupakan kegiatan tidak mudah. Banyak web designer sering menggunakan berbagai software sebagai alternatifnya.

Guna memenmuhi kebutuhan tentang pembuatan sebuah website. Software yang dibutuhkan diantaranya merupakan aplikasi edit foto atau gambar, aplikasi pembuat flash, serta aplikasi pembuat script. Dengan memadukan berbagai software seperti tersebut maka website yang akan anda buat akan terlihat sempurna dan profesional.

Software untuk membuat website mesti memenuhi syarat What You See Is What You Get. Website yang berkualitas pasti ditunjang oleh software yang berkualitas juga. Maka dari itu harus memilih aplikasi yang berkualitas digunakan saat membuat website. Serta perlu diketahui juga bahwa website yang bagus merupakan yang tampilannya simple, elegan serta responsif.

Software untuk membuat website itu sendiri sebenarnya memiliki banyak varian, seperti PageBreeze, XAMPP, Dreamweaver, CoffeeCup, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dimanfaatkan guna merancang sebuah website dengan mudah. Dan berikut ini merupakan beberapa software yang bisa anda gunakan,

1. Dreamweaver

 

Software ini bisa Anda gunakan untuk pembuatan website, mulai dari website yang sederhana hingga website profesional. Untuk menggunakan software ini anda dapat mencoba salah satu dari jenis dari dreamweaver, yakni macromedia dan adobe.

 

 

2. Web Builder Visual (Wysiwyg Editor)

Software yang satu ini bisa digunakan sebagai penyunting website secara visual. Aplikasi berbasis Wysiwyg editor ini menawarkan perancangan website dengan lebih praktis dan mudah. Bahkan anda yang masih awam dan belum mempunyai pengetahuan mendasar tentang pemrograman sebuah website pun bisa menggunakannya.
Dengan menggunakan Web Builder Visual ini, Anda dapat membuat sebuah website yang sangat profesional serta mudah hanya dalam waktu yang singkat. Jadi, untuk anda yang masih pemula dan belum mengetahui banyak tentang pemrograman website bisa mencoba menggunakan Web Builder Visual ini.

 

 

3. CoffeeCup HTML Editor

Aplikasi pembuat website yang bisa didapatkan secara gratis lainnya adalah CoffeeCup HTML Editor. Namun untuk versi gratisnya sendiri tidak terlalu disediakan fitur pro, seperti Image Mapper, CSS Menu Designer, Visual Editor,  dan Website Color Schemer. Namun, Anda tetap bisa membuat tampilan sebuah blog yang menarik dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.

 

 

4. KompoZer

KompoZer merupakan sebuah aplikasi guna membuat serta mendesign web dengan menggabungkan antara menajemen file juga memenuhi kriteria WYSIWYG untuk mengedit halaman web. Bagi anda yang masih awam dan belum mengetahui banyak tentang HTML dan web coding juga bisa menggunakannya. Fitur yang tersedia dalam software ini antara lain FTP situs manager, Tab, CSS editor, toolbar, markup cleaner, resize tabel dan lain-lain.

 

 

5. XAMPP

XAMPP merupakan software pembuat website yang dilengkapi sejumlah fitur seperti file zilla, mysql dan apache. Anda juga mencoba menggunakan software ini, karena mudah untuk dioperasikan ketika membuat sebuah website. XAMPP juga telah didukung dengan bahasa pemrograman berupa PHP yang bisa digunakan sebagai pembuat website dinamis. Software XAMPP umumnya dikenal dengan istilah lokal-host. Adapun sistem operasi yang mendukung aplikasi ini antara lain Linux dan Windows. Pada sistem operasi Windows sendiri Anda bisa menginstalnya memakai interface grafis sedangkan untuk Linuk sendiri harus memakai Command Line.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *