Siapa yang tidak mengenal Bootstrap Editor? Bagi anda yang telah berkecimpung di dunia desain web mungkin paham apa itu. Seperti misalnya, Twitter Bootstrap yang merupakan salah satu CSS Framework terbaik dalam desain web. Framework tersebut dirilis oleh Twitter yang kini telah mencapai versi 3.x.

Dengan adanya Twitter Bootstrap, Anda bisa menggunakan prototyping atau biasa disebut membuat halaman web produksi dengan mengurangi effort dalam pendesainan komponen web meliputi button, typograhpy, table, images, responsivity, grid system, dan masih banyak lagi. Anda hanya tinggal menggunakan beberapa class yang telah diatur oleh Twitter Bootstrap lalu menggunakannya pada halaman web yang telah dirancang.

Meskipun begitu,  Twitter Bootstrap tetap mempunyai saingan di luar sana, Seperti Foundation by Zurb, Gumby Framework, SemanticUI, dan masih banyak lagi. Namun, Twitter Bootstrap diklaim masih menduduki posisi nomor satu dalam hal perancangan halaman web.

Tapi sayang, hal itu mungkin bisa menjadi kadarluasa, bahkan setelah adanya tiga Bootstrap Editor tersebut. Anda juga dapat dengan mudah membuat halaman web yang berbasis Twitter Bootstrap dengan berbasiskan komponen dengan cara drag n drop, mirip dengan pembuatan tampilan aplikasi desktop menggunakan Netbeans pada Swing, atau Visual Basic. Dan beberapa Bootstrap Editor dibawah ini dibangun diatas Node-Webkit.

Dan inilah beberapa Bootstrap editor yang mungkin bisa anda coba gunakan :

1. Bootstrap Studio

jakartawebs - Bootstrap Editor Terbaik Untuk Mendesain Web

Tools ini pertama kali diluncurkan oleh TutorialZine.Com. Mereka mengklaim bahwa Tools ini adalah sebuah revolusi yang bakal digunakan oleh developer dan desainer dalam membuat interface yang berkualitas dengan memakai Twitter Bootstrap. Bootstrap Studio adalah aplikasi desktop hanya dengan drag & drop.

Komponen web seperti grafik, peta, data tables, forms, menu, list, dialog, merupakan salah satu fitur dari Bootstrap Studio  Selama mendesain, Anda cukup melakukannya dengan drag & drop, kemudian tekan tombol generate dan Anda akan mendapatkan layout halaman web berbasis Twitter Bootstrap dengan semantic HTML, CSS yang bersih, dan Javascript yang mudah dimodifikasi. Selain itu Bootstrap Studio dilengkapi juga dengan adanya tema built-in dan fonts yang dapat mengurangi development time dalam membuat sebuah halaman web.

Bootstrap Studio segera tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux. Hanya saya Anda belum dapat mencicipinya sekarang, berhubung Bootstrap Studio masih dalam tahap beta testing. Tapi Anda bisa mendapatkan pengumuman resmi tanggal rilisnya di Website Bootstrap Studio.

 

2. Pingendo

jakartawebs - Bootstrap Editor Terbaik Untuk Mendesain Web

Mempunyai motto web authoring with comfort, Pingendo hadir untuk mempermudah perancangan halaman web yang berbasis Twitter Bootstrap. Pingendo merupakan Free Software yang dapat Anda gunakan di Mac, Windows, dan Linux. Berdasarkan informasi yang dirilis oleh pengembangnya, Pingendo akan menjadi web authoring tool yang bersifat free.

Pingendo dilengkapi dengan beberapa fitur terjitu seperti drag & drop design, koleksi komponen web berbasis Twitter Bootstrap siap digunakan, integrasi dengan LESS, dan Font Awesome. Dengan Pingendo, Anda dapat mengintegrasikan pula dengan alat seperti Git dan Console. Anda pun dapat menghasilkan halaman web dalam bentuk HTML atau LESS.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *