Ketika menjalani sebuah karir sebagai desainer yakni desainer website, mobile, grafis, dan tentu masih banyak lainnya. Tentu, kita pasti pernah merasa bingung mengenai keahlian kita sebagai desainer apakah sudah maksimal atau belum atau bahkan di bawah rata-rata.

Kini, ada beberapa jalan yang bisa kita terapkan untuk mencari jawaban itu semua dengan berlatih dan tentu ada cara lainnya yang akan Saya jabarkan pada artikel ini demi membantu kita semua sebagai desainer.

1. Mengikuti Kontes

Baik, mungkin kita pernah berfikir apakah desain kita sebenarnya ini sudah bisa diterima oleh publik atau belum, atau bahkan bisa ditolak oleh pihak klien kita. Jadi, dengan mengikuti kontes ini kita bisa mengerti dari kualitas desain yang telah kita buat untuk orang lain.

Kontes ini bersifat 2 macam, ada yang namanya kontes terbuka ada juga yang namanya kontes terpilih, dari beberapa kontes itu tidak berbeda jauh hanya saja dari cara kita menyampaikan ide kita yang cukup berbeda. Jika kita mengikuti kontes terbuka, maka kita bebas untuk mengusulkan ide yang berhubungan dengan tujuan dari klien tersebut. Namun, Jikalau kontes ini bersifat terpilih, maka kita hanya perlu mengikuti konsep yang telah disediakan oleh pihak pembuka kontes.

2. Memecahkan Masalah

Masalah, suatu hal yang biasa kita dapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, masalah pada dunia desain ini cukup berbeda. Kita, dituntut untuk belajar cara memecahkan suatu masalah pada kehidupan dunia yang berhubungan dengan desain. Misalnya, kamu mencoba untuk membuat sebuah papan daftar pesawat di bandara agar lebih mudah di jangkau pandangan mata atau lebih mudah dipahami dari struktur kontennya.

Jadi, kamu mencoba untuk membuat sebuah perubahan yang tentunya memiliki dampak positif untuk perubahan tersebut. Jangan sampai, perubahan yang kamu tawarkan malah hanya membuat desain yang ada terlihat lebih rumit dari sebelumnya.

3. Berbagi Ilmu

Kamu mungkin minder dalam hal ini karena kamu berfikir bahwa ilmu kamu masih belum banyak, lantas sampai kapan kamu ingin menunggu ilmu tersebut sedangkan ilmu tidak akan ada habisnya. Berbagilah dikala dini tidak memandang seberapa ilmu yang kamu punya karena setiap ilmu tersebut pasti ada peminatnya terutama ilmu desain.

Cobalah untuk membuat sebuah blog pribadi atau membuat sebuah video yang terkait dengan dunia desain, itu akan membantu kamu untuk meningkatkan keahlian desain kamu karena secara tidak sengaja kamu akan mempelajari ilmu kamu lagi secara sendirinya.

4. Berlatih elemen website

Setiap website memiliki elemen website yang mendukung operasionalnya oleh user. Jika Anda ingin menjadi seseorang yang bekerja di dunia website desainer dan diakui kemampuannya. Pahami dan latihlah kemampuan untuk semua elemen website. Dalam penerapannya, Anda perlu belajar masalah javascript, mySQL, HTML, maupun cara membuat aplikasi dalam website responsif.

5. Berlatih layout

Sampai saat ini, ada beragam jenis desain layout yang penerapannya akan berbeda di setiap website. Jika Anda ingin menjadi seorang website desainer yang handal, pelajari segala jenis layout yang umum diterapkan pada website, seperti fixed layout, liquid, dan responsive layout. Dengan pemahaman ketiga jenis layout diatas, Anda juga bisa memberi saran pada klien Anda mana layout yang bagus untuk website yang dimiliki.

 

6. Melihat trend dunia website

Perkembangan dunia online umumnya memiliki tingkat kecepatan yang lebih tinggi daripada dunia offline. Oleh karena itu, pastikan Anda melihat juga trend bentuk website yang ada di berbagai bidang. Dengan begitu, Anda akan mendapat inspirasi bentuk website yang disukai pelanggan. Daya kreativitas Anda juga akan diasah untuk menghasilkan website yang berkualitas.

7. Fokus layanan

Ketika Anda ingin menjadi seorang website desainer yang diakui pelanggan, tak ada salahnya untuk memfokuskan layanan yang dimiliki. Misalnya saja Anda memfokuskan layanan untuk membuat website company atau pembuatan website bisnis (e-commerce, toko online, dan lainnya). dengan fokus layanan yang diberikan, Anda bisa mengasah kemampuan yang dimiliki dengan lebih fokus pula.

8. Open minded

Menjadi seorang web designer, Anda harus menjadi orang yang open minded. Anda harus bisa menerima masukan dari orang yang lebih ahli agar kemampuan Anda dalam bidang desain makin meningkat. Dengan memperhatikan hal-hal diatas, Anda bisa meningkatkan kemampuan dan keahlian sebagai seorang website desainer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *