Bagi Anda, seorang web desainer memiliki tugas untuk merancang bagaimana caranya membuat tampilan sebuah website agar menarik pengunjung. Saat ini, merangcang sebuah website yang responsive sudah menjadi tren dan menjadi sesuatu yang harus dipelajari, yang nantinya diterapkan pada website yang akan atau sedang dibangun. Website responsive sendiri, merupakan model website yang bisa menyesuaikan tampilan sesuai dengan ukuran browser dan jenis perangkat untuk membukanya, baik dari PC, tablet atau ipad dan ponsel atau smartphone.

Dalam membangun sebuah rancangan website yang responsive, seorang web desainer perlu mengetahui elemen-elemen penting apa saja yang harus dipahami. Berikut ulasan beberapa elemen yang harus diketahui oleh seorang web desainer, seperti dilutip dari tutorial-webdesign.com.

  1. Navigation
    Merupakan salah satu elemen yang paling penting dalam sebuah website, termasuk yang bergaya responsive yaitu navigasi. Dalam website responsive, Anda benar-benar harus memperhatikan dan membuat navigasi ini dengan serius. Navigasi ini bisa Anda tempatkan dibagian atas website atau bagian lain yang paling mudah ditemukan oleh pengunjung.
  1. Action Button
    Setiap pelaku bisnis pasti ingin memiliki website yang bisa meningkatkan penjualan dan pendapatannya. Tombol “call-to-action” menjadi bagian yang sangat penting dari setiap website. Jadi, sebisa mungkin tempatkan tombol tersebut di posisi yang strategis di website Anda, agar tercapai conversion(konversi) pada seseorang yang awalnya hanya pengunjung menjadi pembeli.
  1. Branding Elemen
    Sebuah website yang baik adalah website yang memiliki merek brand. Elemen untuk melakukan branding ini menjadi sangat penting dari sebuah website dan harus terlihat secara menarik di semua jenis perangkat. Elemen branding ini diantaranya adalah Nama website, tagline, termasuk juga pewarnaan website.
  1. Padding
    Mengelola padding dan whitespace adalah sesuatu yang sangat penting dari pembuatan website responsive. Jadi, ketika pengunjung melihat website pada layar yang kecil, konten tidak boleh terlihat berantakan.
  1. Section/Columns
    Konten adalah inti dari sebuah website. Apalah artinya sebuah website tanpa konten yang menarik dan berguna. Terkadang, konten dibuat dalam beberapa bagian atau beberapa kolom dalam sebuah website. Jadi menampilkan semua sektor tersebut dengan cara yang tepat bersamaan dengan memelihara readability (keterbacaan) dari konten tersebut adalah sebuah keharusan. Website akan terlihat lebih ramping dan tidak berantakan jika dilihat dari berbagai jenis perangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *