Untuk seseorang yang baru mempelajari hal mengenai desain, kadang kala sering terlupakan detail-detail dalam desain yang padahal akhirnya menghasilkan karya yang seharusnya bisa jauh lebih menarik menjadi kurang menarik mata, tapi penyematan beberapa detail secara berlebihan pun juga akan menurunkan intensitas aestetik pada desain itu sendiri.

Dan berikut, hal yang harus diperhatikan pemula dalam mendesain. Tak terbatas pada desain apapun, hal-hal penting di bawah ini akan membantu anda mempercantik karya anda. Simak penjelasannya berikut,

 

  • Gradient

jakartawebs Hal yang Harus Diperhatikan Pemula dalam Mendesain

Gradient, atau yang biasa disebut gradasi warna. Agar warna background yang hendak disematkan pada desain tidak terlihat biasa dan monoton. Ada baiknya bila ditambahkan perpaduan gradasi warna, namun disarankan agar penggunaan warnanya yang tidak terlalu berbeda jauh. Pakai warna yang hampir serupa dan masih match bila disatukan agar gradasi yang dihasilkan pun terlihat halus.

Penyematan gradasi juga bertujuan untuk memberikan kesan yang lebih nyata dan berani daripada sebelumnya. Tetapi, penggunaan gradasi tidak match atau berlebihan juga akan menimbulkan efek yang kurang bagus dalam penciptaan keindahan dari karya desain anda. Tapi dibalik dari itu, terkadang penggunaan gradasi dengan warna yang terlalu jauh juga dapat terlihat menarik mata bila anda dapat memadukannya sedemikian rupa dengan objek lain.

  • Texture

Hal yang Harus Diperhatikan Pemula dalam Mendesain

Pemberian Texture pada desain juga akan menimbulkan karakteristik yang lebih nyata dan tegas pada karya anda. Background juga akan terlihat lebih hidup dan tampak berani.

Anda dapat memakai tekstur-tekstur seperti Noise, antara lain Kertas, Kain, Kulit. Sementara untuk cara penggunaannya anda hanya harus menaruh tekstur tersebut di atas objek yang hendak diberi tekstur, serta set Blending Mode menjadi Multiply dan turunkan nilai Opacitynya.

 

  • Shadows

Penggunaan Shadow atau bayangan juga akan memberikan efek 3d pada karya desain anda. tak hanya itu, desain anda juga akan terlihat tegas dan terkesan timbul. Namun kadang kala tidak sedikit pula yang memakai Shadow secara berlebihan, maka dari itu akan mengurangi nilai dari desain tersebut. Namun ada baiknya anda hanya menggunakan dengan sedikit shadow, shadow yang halus namun cukup mempertegas suatu desain.

 

Dan itulah hal yang perlu diperhatikan seorang desainer terutama anda yang masih pemula dan baru memulai mendesain. Manfaatkan kreatifitas sebaik mungkin, anda juga perlu mencari referensi atau inspirasi untuk mendesain, tanpa perlu takut menjiplak. Jadikan sebagai acuan bukan bahan tiruan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *