Peran Website di era digital seperti sekarang telah menggantikan media bertukar informasi yang telah ada sebelumnya, seperti Surat Kabar, Buku, ataupun Majalah. Website dinilai lebih ekonomis dan efisien mengingat biaya untuk membuat website tergolong rendah dan dapat digunakan maksimal untuk menunjang berbagai bidang kehidupan,

Banyak perusahaan Media Informasi yang dulunya menggunakan pendekatan dunia nyata kini beralih menggunakan media Website. Seperti Kompas, Jawapos, dll. Semakin mudahnya membuat website dan dukungan server yang kuat membuat sebagian orang berlomba-lomba menciptakan website hingga besar. Website itu beragam, bukan cuma Toko online, bukan cuma media sosial, bukan cuma Blog. Tapi lebih dari itu, Blog, toko online itu cuma sebagian dari jenis website.

  1. Menentukan tujuan pembuatan website
    Apa tujuan anda ingin membuat website ini? Apakah untuk mendapatkan pelanggan baru dari market online? Mungkin untuk memberikan pelayanan pelanggan melalui fitur online? Mungkin untuk kampanye marketing produk baru perusahaan anda?

    Apapun tujuan anda membuat website ini, anda harus menjabarkan-nya dengan terperinci. Tujuan website yang terperinci akan sangat berpengaruh terhadap desain website tersebut, konten apa yang perlu dimuat, dan juga fitur – fitur yang dibutuhkan.

  2. Menentukan target pengunjung website anda
    Jika anda memiliki tujuan membuat website untuk menambah pelanggan dari market online, maka anda perlu tahu seperti apakah karakteristik target pelanggan anda. Setelah anda tahu seperti apa pelanggan anda, maka anda juga dapat mengetahui bagaimana kebiasaan pelanggan anda berinteraksi dengan dunia online.

    Baca Juga : Memualai Bisnis Online Yang Menguntungkan

  3. Menentukan konten yang mau dibuat pada website
    Sebuah website harus menyediakan konten yang dapat mengubah pengunjung menjadi pembeli atau membuat pengunjung melakukan hal apapun yang kita inginkan untuk mencapai tujuan pembuatan website. Mungkin konten utama pada website anda adalah persentasi produk perusahaan anda. Namun konten seperti itu adalah konten yang mungkin hanya dilihat sesekali oleh pengunjung website anda.
  4. Definisikan hal yang perlu dilakukan oleh pengunjung website anda
    Apa yang anda inginkan untuk pengunjung website anda lakukan di website anda? Membeli produk anda? Mendaftar akun? Membagikan konten anda ke social media? Apapun yang anda inginkan, pastinya hal tersebut sangat berkaitan dengan tujuan dibuat-nya website anda.
  5. Teknologi apa yang akan anda gunakan
    Majunya perkembangan teknologi memiliki dampak besar terhadap perubahan kebiasaan konsumen online sehari – hari. Mungkin anda sudah sering mendengar bahwa sekarang lebih banyak konsumen yang mengakses internet melalui perangkat mobile. Website yang anda buat harus bisa mengakomodasi hal tersebut.
  6. Menentukan budget pembuatan website
    Untuk membuat konten yang sangat berkualitas pada website anda, diperlukan para tenaga ahli yang sudah berpengalaman. Kemudian untuk membuat sebuah website dengan fitur yang cukup rumit anda memerlukan programmer yang juga sudah berpengalaman. Begitu juga dengan desain dan divisi – divisi lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *