Seiring waktu berjalan, semua pasti akan selalu dihiasi dengan pergantian atau bahkan muncul tren baru dari berbagai bidang, tak terkecuali dalam bidang desain grafis. Di tahun 2017 ini, bidang desain grafis juga mempunyai segelintir haluan tren tersendiri yang dapat didominasi oleh hasil karya desainer. Serupa dengan bidang lain, terdapat tren industri grafis yang dapat bertahan lama bahkan sampai bertahun-tahun lamanya dan inilah segelintir tren desain grafis pada tahun 2017 tersebut.

 

  •  Penggunaan Warna Terang dan Tegas


Bila dahulu para desainer umumnya hanya menggunakan warna-warna netral pada desain mereka, dengan menimbulkan kesan yang polos dan sleek. Tapi, ketika Apple meluncurkan serangkaian desain baru yang jauh lebih berani dalam permainan warna terhadap iOS 7 mereka, Tak sedikit dari beberapa pihak yang mulai mengikuti tren tersebut. Dan meskipun di tahun 2017, Pemakaian warna terang masih akan terus digandrungi dalam menciptakan desain grafis.


 

 

 

 

 

 

 

 

  • Penggunaan Bold Typography


Penggunaan tipografi berhuruf-huruf tebal dan berukuran besar kini merupakan salah satu tren terpopuler dalam hal mendesain kontemporer. Anda tidak heran sebab desain tipografi yang bold akan dapat menarik perhatian pembaca dengan mudah. Terutama saat ini makin banyak orang yang menggunakan gadget sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Meskipun layar yang tidak sebesar laptop, namun dibarengi dengan kualitas HD yang semakin bagus, gadget kini lebih membutuhkan konten berfonts yang bold supaya para pengguna bisa menikmati desain secara jelas.


 

 

 

 

 

 

  • Desain Ikon Semakin Tipis

 


Bila warna dan tipografi cenderung menjadi semakin cerah dan bold pada tren desain grafis 2017 ini, namun pada tren gambar ikon malah semakin terlihat menipis. Penggunaan garis-garis yang tipis, gambar ikon sangat mengandalkan penggunaan simbol untuk menyampaikan informasi. Hal tersebut berhasil diwujudkan oleh Instagram. Beberapa waktu lalu pun Instagram berhasil mengupdate logo mereka yang pada awalnya berbentuk kamera retro berwarna cokelat kini menjadi jauh lebih minimalis, dengan penggunaan garis-garis berwarna putih dan serta background bernuansa pelangi yang akan mengingatkan pada desain interface iOS 7 lansiran Apple.


 

 

 

 

 

 

  •  Google Fonts 


Apakah Anda tau bahwa Google kini menyediakan fitur font gratis guna semakin memudahkan penggunanya dalam menciptakan desain menarik? Di sana anda pun dapat memilih sedikitnya delapan ratus jenis font yang disediakan. Penggunaan Google fonts juga diprediksi akan melonjak di tahun 2017 sebab karakter font yang menampilkan kesan timeless maka dari itu semakin mudah dipadukan pada font lain pada desain apapun. Google Fonts juga mempunyai segelintir perangkat yang memudahkan Anda untuk memfilter pencarian font. Dengan kemudahan tersebut, Anda akan lebih mudah dan tidak perlu menelusuri setiap halaman.


 

Dan itulah haluan tren desain grafis di tahun 2017. Bagaimana? Apa anda telah terinspirasi dan bahkan juga telah mengikuti haluan tren yang satu ini? Selamat mendesain!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *