Sedang mencari solusi untuk membuat website sendiri? Satu hal yang sebenarnya tak perlu anda pikirkan adalah biaya yang dibutuhkan, karena kini sudah banyak jasa pembuatan website dengan harga murah bahkan gratis. Hal yang sebenarnya justru harus dipikirkan adalah konsep dari website itu sendiri. Ketika anda mengunjungi berbagai website, tidak semua website sama persis, atau bahkan dibuat dengan pola yang monoton.

Saat ini, mungkin terhitung sebanyak 5 jenis website yang paling sering digunakan.Umumnya, sebuah website digunakan sebagai wadah marketing, penyampaian informasi dan bahkan untuk berjualan, lalu desain web khusus untuk memuat konten pribadi. Dan inilah ke 5 jenis website yang paling sering digunakan orang lain,

 

  • Website Marketing tools

Ini merupakan salah satu website yang paling sering digunakan, karena bertujuan sebagai media pemasaran. Desain website itu sendiri mesti dirancang sedemikian rupa agar menarik. Mulai dari tata letak dan isi menu yang dicantumkan sesuai kebutuhan, layout harus unik serta menarik, lalu informasi sangat update, gampang untuk dipahami, dan support untuk mobile user-friendly.

Itu semua bertujuan untuk memudahkan para pengunjung website agar tidak kebingungan. Umumnya para pengelola website akan menggunakan kata-kata yang pro-aktif serta menyematkan beberapa animasi yang menarik.

 

  • Website E-Commerce

Nyaris mirip dengan konsep website marketing tools, Namun E-commerce berisi konten yang lebih spesifik lagi. E-Commerce memang dibuat untuk sebagai wadah penjualan, serta didalamnya terdapat beragam kategori jenis produk yang bisa anda dibeli atau katalog berbasis online.

Website jelas memiliki layout produk-produk yang gampang untuk dilihat dan dipahami, dipisahkan berdasarkan beberapa kategori. Selanjutnya ada form registrasi, form pemesanan, dan cara konfirmasi order produk. Untuk Anda yang berminat membuka usaha toko online, maka konsep sepertiĀ  inilah yang harus digunakan.

 

  • Website Personal

Ini merupakan website yang dibuat untuk pribadi. Konsep website seperti ini lumrahnya digunakan oleh para artis, tokoh terkenal dan bahkan orang biasa. Isi website tersebut biasanya berupa hal-hal menyangkut pribadi, dan apapun yang hendak dimasukan oleh para pengguna website personal. Ini mungkin mirip seperti blog, namun website personal juga cocok digunakan untuk organisasi atau komunitas kecil.

 

  • Website Portal

Website ini dikhususkan untuk menyebarkan informasi atau berita. Desain layout biasanya simple dan rapih, beda dengan website pribadi. Pada menu utama akan disematkan beberapa kategori dari tema berita itu sendiri, lalu beberapa laman berisi informasi terkait website tersebut

Website ini juga umumnya berisi banyak bahan artikel, seperti berita tentang olahraga, politik, gaya hidup, tren masa kini, teknologi dan masih banyak lagi.

 

  • Website komunitas

Ini mungkin dianggap mirip dengan website marketing tools atau website pribadi. Namun, Website komunitas konsepnya lebih mengarah ke sesuatu yang disukai atau diminati secara bersama dan dalam jumlah yang besar. Konsep website ini juga mengacu kepada informasi terkait tema website tersebut, lalu disematkan pula website mengenai marketing tools.

Di dalam website itu sendiri akan terdapat beberapa artikel terkait tema website tersebut, informasi terkini dan masih banyak lagi. Selain itu, website ini juga dapat dirancang agar bisa menyatukan antara sesama pengguna yang memiliki kegemaran atau hobi yang sama.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *