Perlu anda tahu, bahwa persaingan first mile merupakan sebuah ancaman nyata bagi perusahaan besar google dan juga facebook. Mungkin bagi sebagian orang tidak menyadari akan hal ini. Tapi nyatanya alibaba maupun amazon jika sudah berhasil menguasai asia tenggara mereka pun mampu menjadi ancaman situs besar.

Jadi bukan hanya pesaing yang sejenis saja yang mendapatkan ancaman seperti halnya wal mart jdcom dan lainnya melainkan baidu facebook dan juga google menjadi ikut terancam.

Logistic first mile merupakan suatu kegiatan perpindahan barang ataupun jasa ataupun produk apapun dari peritel kepada layanan kurir yang akan membawa produk tersebut menuju ke konsumen. Hal ini akan menjadi masalah sendiri bagi para situs besar seperti halnya google.

Logistic first mile ini dimngkinkan akan dimulai tahun ini oleh alibaba untuk asia tenggara. Nantinya alibaba yang juga membawa lazada akan migrasi ke platform tmall. Selain itu alibaba juga akan meluncurkan produk terbarunya yang bernama alimama yaitu sebuah layanan periklanan sekelas google adwords.

Jadi nantinya para penjual yang memiliki penjualan di lazada akan bisa memiliki akun seperti halnya adwords yang bisa digunakan untuk mengiklankan produk mereka. Hal ini juga dilengkapi dengan sistem periklanan yang kaya akan fitur misalnya PPC CPM CPS dan lainnya yang ada dalam platform tmall seperti express train.

Jika hal ini terjadi dimungkinkan google dan juga baidu akan bangkrut apalagi sekarang ini pengunjung sudah tidak lagi mencari barang melalui search engine, melainkan langsung ke toko online yang dituju. Hal ini juga sudah diterapkan oleh lazada di tiongkok.

Alibaba memblokir baidu untuk merayapi halamannya. Jadi apabila pengguna ingin mencari produk yang mereka cari, maka mereka harus langsung mengunjungi alibaba. Inilah strategi alibaba yang efektif dan sudah diterapkan sejak tahun 2009 lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *