Berbisnis online memang bisa dilakukan dengan modal yang minim. Namun jangan lantas Anda tidak memikirkan modal sama sekali ketika terjun ke dunia #bisnis online. Modal yang sudah Anda miliki bisa dialokasikan pada kebutuhan yang lain untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis online Anda menjadi lebih besar. Jika Anda sedang menjalankan bisnis jual beli online, mengeluarkan sedikit modal untuk menambah pemasukan dalam online shop pastinya bukanlah hal yang buruk.

Jika selama ini Anda berjualan dan menawarkan produk Anda lewat situs marketplace, tidak ada salahnya mencoba membuat website #toko online sendiri. Ada banyak keuntungan ketika Anda memiliki website toko online sendiri. Meskipun mungkin Anda sudah memiliki banyak lapak di berbagai marketplace, namun tidak ada salahnya membuat toko online sendiri untuk memperkuat branding terhadap produk Anda.

  1. Sebagai Sarana Promo Online
    Bila selama ini untuk menjual suatu produk atau jasa kita harus memasang di web iklan baris atau iklan gratis, maka dngan memiliki web toko online sendiri kita bisa memasang promosi apapun di web toko online kita. Web Toko Online bisa kita maksimalkan sebagai sarana promo online kita dalam mempromosikan produk atau jasa yang kita tawarkan secara bebas. Misalnya kita punya web toko online yang mejual baju tidak ada salahnya kita pasangi atau kita selipkan produk yang lainnya selain baju, itu sah-sah saja, bahkan bisa juga kita letakkan banner lainnya. Jadi web toko online juga bisa berfungsi sebagai sarana internet marketing.
  2. Lebih Profesional, Bonafid dan Lebih Terpercaya
    Sudah disinggung sedikit di atas bahwa keuntungan memiliki web atau situs toko online sendiri dapat meningkatkan kesan professional dan kepercayaan konsumen. Dari segi bisnis, orang yang memiliki rumah sendiri tentunya akan lebih dipercayai dibandingkan dengan orang yang ngontrak bukan ? Apalagi yang dimiliki adalah web toko online dengan domain berbayar semacam .com atau .co.id.
  3. Dapat Menentukan Alamat atau Nama Domain Sendiri
    Nama domain dalam sebuah situs sangat penting karena dapat menjadi kunci sukses dalam berbisnis online. Nama domain akan menaikan branding produk dan profesionalitas bisnis online Anda, disamping itu nama domain atau alamat website juga sangat berpengaruh terhadap pencarian index google, jadi usahakan memilih nama domain yang berhubungan dengan bisnis anda dan mudah diingat.

    Baca Juga :  Facebook Masih Ampuh Dalam Pemasaran Produk

  4. Kontrol Sepenuhnya Terhadap Website Toko Online
    Dengan memiliki toko online sendiri maka Anda memiliki kebebasan dan kontrol penuh dalam pengaturan produk yang Anda jual tanpa campur tangan orang lain atau pihak lain. Anda dapat memaksimalkan fasilitas pada website Anda sehingga pangsa pasar produk Anda akan jauh lebih tertarget dengan demikian Anda semakin efektif dalam pengelolaan produk.
  5. Keamanan dan Kenyamanan Lebih Terjamin
    Tutupnya sebuah marketplace atau situs jual beli secara tiba-tiba tentu akan sangat merugikan Anda sebagai pengelola toko online di dalamnya. Sudah banyak waktu dan tenaga yang Anda keluarkan untuk mengelola toko online di marketplace eh malah tutup. Anda tidak akan pernah apakah suatu marketplace akan bertahan lama atau tidak. Berbeda dengan toko online sendiri, keamanan akan kelangsungan bisnis merupakan keuntungan memiliki toko online sendiri.
  6. Laporan Keuangan Secara Otomatis
    Sebuah paket website toko online sudah memiliki fasilitas laporan keuangan otomatis sehingga bila Anda memerlukan laporan tsb mudah saja tinggal diperoleh dengan hanya satu klik saja. Tentunya hal ini akan menjadi keuntungan memiliki toko online sendiri. Namun biasanya laporan keuangan kurang diperhatikan bagi sebagian pemilik web toko online. Biasanya mereka lebih mengutamakan fungsi utama dari web toko online itu sendiri sebagai media untuk usaha penjualan dan promosi online saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *