Bagi para pemula, membangun sebuah bisnis online itu pasti terasa sulit karena tidak tahu harus melakukan apa dan dari mana harus memulainya. Sebenarnya ada beberapa tutorial online yang mengajarkan tentang cara memulai bisnis online tertentu. Sebaiknya kita mengetahui dan menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan dijalankan karena model bisnis online itu sebenarnya sangat banyak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Walau terlihat mudah, memulai bisnis online ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Diperlukan trik serta strategi tersendiri agar online shop Anda bisa dikenal banyak orang dan tentunya laris manis.

1. Membangun Blog/ Website

Ini adalah langkah awal paling mudah yang bisa dilakukan oleh seorang pemula untuk membangun sebuah bisnis online. Belajar membangun sebuah blog/ website dengan topik tertentu dan memberikan manfaat bagi audiens adalah sesuatu yang tidak terlalu sulit. Kita bisa membuat blog yang berhubungan dengan minat/hobby dan keahlian, tentu ada banyak orang yang punya minat atau hobby yang sama dengan Anda. Mereka inilah yang nantinya menjadi audiens Anda.

2. Membangun Toko Online

Membuat toko online sendiri sudah bukan hal yang sulit lagi, dan salah satu cara termudahnya adalah membuat toko online dengan platform WordPress. Jika Anda memang punya keahlian dalam bidang web developmen tentu akan lebih mudah lagi dalam membuat toko online. Biasanya toko online digunakan untuk berjualan produk fisik dengan cara memajang produk tersebut di toko online Anda dan mempromosikannya di berbagai media online.

Baca Juga : Apakah Menjadi Desain Grafis Hal Yang Menjajikan?

3. Menjual Produk Digital

Kalau kita punya keahlian di bidang tertentu, maka keahlian tersebut bisa kita jual dalam bentuk eBook, video, atau membership. Model bisnis ini potensinya luar biasa, apalagi dijaman digital saat ini, di mana orang semakin banyak yang lebih memilih membaca buku digital dibanding buku fisik.

Produk digital ini biasanya laris di komunitas-komunitas tertentu. Misalnya di komunitas pebisnis online, produk seperti eBook, video, dan membership yang berhubungan dengan ilmu internet marketing pasti akan laris manis. Nah jika Anda punya keahlian dalam bidang tertentu, sebaiknya Anda menjualnya secara online.

 

5. Menjadi Penulis Artikel (Ghost Writer)

Profesi yang satu ini cukup laris di internet karena saat ini sangat banyak pemilik website yang membutuhkan penulis konten untuk situs mereka. Bukan hanya situs besar saja yang membutuhkan penulis, situs-situs yang masih merintis juga membutuhkan penulis-penulis handal.

Walaupun bisnis yang satu ini terkesan sulit, cukup banyak yang sukses menjalankan profesi sebagai penulis. Jadi, buat Anda yang punya minat besar dalam menulis, manfaatkan minat dan keahlian menulis tersebut menjadi ladang penghasilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *