Desain web merupakan salah satu bidang desain dimana para penggelutnya mesti mempunyai segudang keahlian dalam mendesain. Hal tersebut pasti membuat banyak orang bingung bila hendak memulai belajar desain web. Seperti apakah kita mesti belajar pemrogramannya dulu? atau mesti memulai dengan mendesain di Photoshop? Artikel ini akan membahas beberapa tips yang mudah-mudahan mempermudah Anda untuk belajar desain web.

1. Belajar Dari Desain Minimalis Terlebih Dahulu

Desain minimalis merupakan bidang dalam desain pertama yang ada baiknya bila dikuasai. Dalam bidang ini, Anda dituntut untuk memproduksi setidaknya desain yang efektif tanpa perlu disibukkan dengan detail-detail yang tidak penting. Lalu dengan menguasai desain minimalis, maka Anda telah melakukan tujuan utama yang digunakan dalam desain web agar situs yang berfungsi.

2. Buat Struktur Secara Matang

Masalah yang acap kali terjadi ketika desainer terlalu fokus dengan detail-detail kecil seperti tekstur, warna, hingga font. Padahal hal utama yang mesti dipikirkan yakni membuat rancangan utama terkait struktur situs. Dalam sebuah blog umumnya terdapat struktur yang berbeda dengan portfolio karena isinya lebih cepat diperbarui. Blog perusahaan memiliki gaya berbeda dengan blog personal.

Maka dari itu, langkah utama dalam mendesain web ini tidak dilakukan di Photoshop. Namun, dengan coretan-coretan pada selembar kertas. Detail-detail kecil seperti tekstur atau warna situs bisa diatur usai struktur penting telah selesai. Lalu utamakan mulai dengan membuat struktur web.

3. Utamakan Fungsi

Ingatlah akan satu bahwa, Web desain tidak sama dengan seni. Web desainer merupakan seorang desainer yang mempunyai tugas menyalurkan  pesan pada situs. Maka dari itu, berfokuslah pada fungsi situs dan bukan pada hiasan-hiasan bahkan pernak-pernik situs.

Membuat rancangan Animasi merupakan hal yang menarik. Background berukuran besar juga terlihat apik. Namun, sebelum anda menggunakan, selalu pikirkan apakah hal tersebut dibutuhkan oleh pengunjung website? Bila hendak memahami fungsi dalam desain web, usahakan untuk rutin membaca artikel terkait usability serta user experience.

 

 

4. Perhatikan Trend Desain Web Saat Ini

Serupa dengan jenis desain lainnya, hal itu juga mempunyai trendnya sendiri. Seperti saat ini, kini adalah eranya penggunaan tekstur secara lembut. Anda dapat memperoleh informasi trend yang terbaru dengan memerhatikan desain situs-situs besar.

5. Kuasai Software yang Digunakan

Bisa jadi seorang desainer web hanya mampu kuasai Photoshop tanpa bisa sedikitpun CSS atau sebaliknya. Kekurangan ini bisa ditangani dengan mencari partner lain yang memiliki skill berbeda dengan Anda.

Anda juga tidak perlu mempersoalkan software yang digunakan dalam mendesain. Sebagian desainer memilih Photoshop dan sebagian lagi memilih Fireworks. Silakan pilih software yang Anda suka dan kuasailah dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *