Hampir semua orang pasti pernah menggunakan gadget berbasis touchscreen atau sensor jari serta sensor suara, walaupun sebenarnya telah tersedia Checkbox, Textbox, slider, selector, maupun radio button dalam bentukĀ  HTML Web browser. Namun sampai saat ini belum ada masukan untuk GUI berbasis isyarat (gesture), mau itu berupa touchscreen atau voice. Memakai inputan atau masukan isyarat dijamin bakal sangat membantu user menggunakan GUI.

 

 

Tapi semua berita tersebut bakal ditebas tuntas dnegan Kanagawa Institute of Technology, yang kini dikabarkan tengah mengembangkan teknologi desain sketsa guna keperluan searching dengan memakai sensor jari pada web browser.

Dalam proses pengembangan, teknologi tersebut mesti mengalami beberapa kendala. Misalnya, Bila kita mesti harus redraw sketsa dengan meningkatkan ketajaman warna serta bentuk hingga sistem pencarian mengembalikan gambar sesuai yang kita kehendaki. Malah ketika kita hendak menelusuri gambar yang serupa dengan sketsa gambar yang kita ciptakan namun tidak sesuai dengan database yang ada.

 

 

Maka sketsa tersebut tidak akan berguna apa-apa, Namun dengan Teknologi Sketch-Based ini telah memberikan sebuah solusi, yang pertama, Pengguna akan disediakan sebuah fitur Sketch UI guna menggambar sesuatu yang akan mereka dicari, Selanjutnya, Pengguna bisa menggambar sesuatu yang akan mereka cari, ketika menggambar pun sistem-nya secara otomatis akan menerima respon berupa hasil data yang akan diberikan yang berkaitan atau identik dengan yang digambar oleh pengguna.

 

 

Gambar tersebut adalah ilustrasi dari GUI (Graphic User Interface) dari penelusuran gambar berbasis sketsa sensor jari. GUI aplikasi ini terbagi atas beberapa fitur yakni, (1) area menggambar, (2) menu untuk setting pen, (3) pilihan warna, (4) foto sampel dari sketsa, dan (5) panel hasil pencarian gambar. GUI ini pun memberikan kemudahan para pengguna yang hendak mencari sesuatu menggunakan hasil gambar yang mereka bayangkan kemudian salurkan melalui sensor jari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *