Pada saat pembuatan sebuah website biasanya kita sering mendengar tentang mobile friendly, website yang mobile friendly bisa diartikan website yang mengimplementasi desain yang nyaman untuk pengunjung ketika dibuka menggunakan smartphone atau tablet.

Mengapa kita perlu mengimplementasikan mobile friendly pada website kita, jawabannya adalah karena menurut riset pada awal 2014 statistik pengunjung yang menggunakan smartphone atau tablet sudah melampaui pengunjung yang menggunakan desktop atau PC. Selain itu dengan mengimplementasi mobile friendly pada website kita bisa membuat pengunjung lebih nyaman ketika membaca sebuah artikel atau ketika mengunjungi website kita.

Hasil gambar untuk Tips Membuat Website yang Mobile Friendly

  1. Gunakan Theme Yang Memiliki Simple Design
    Tips agar website anda lebih mobile friendly yang pertama adalah dengan menggunakan desain template yang sederhana, cara ini cukup efektif agar website anda terlihat ramah dan memiliki nilai plus saat pengunjung website Anda menggunakan device smartphone, ada banyak sekali desain theme yang memiliki desain yang simple seperti Kentozz theme atau Cb blog jika anda menggunakan website berbasis blogger.
  2. Jangan menggunakan Terlalu Banyak gambar
    Tips agar website anda lebih mobile friendly yang selanjutnya ialah dengan jangan pernah menggunakan terlalu banyak gambar pada webiste anda, hal ini sangat penting pasalnya Gambar yang berlebihan akan membuat website Anda semakin tidak bersahabat dengan device mobile. Selain itu juga terlalu banyak gambar akan membuat proses loading yang lambat pada website anda, adapun untuk mengatasinya ialah dengan me-resize gambar atau meng-compress gambar anda agar ukuran gambar lebih kecil.
  3. Gunakan Desain Responsive untuk Multiple Device
    Tidak dapat dipungkiri jika Teknologi website semakin berkembang pesat di beberapa tahun terakhir ini, di zaman sekarang ini hampir semua website sudah menggunakan “Responsive Design” untuk menunjang pengunjung web mobile atau pengunjung yang mengakses lewat smartphone. Nah oleh sebab itu Apabila desain website aAnda belum responsive, maka tidak ada salahnya jika Anda bisa menambah design sederhana untuk versi mobile pada website ataupun blog anda.

    Baca Juga : Teknik Promosi Ecommerce Anda

  4. Gunakan subdomain M-dot (Mobile eksistensi)
    Tips agar website anda lebih mobile friendly yang selanjutnya ialah dengan menggunakan subdomain saat ini hampir semua pengguna internet sudah familiar dengan penggunaan website dengan subdomain “m-dot”.
  5. Belajar dari website lain
    Tips agar website anda lebih mobile friendly yang terakhir ialah dengan belajar dari website lain, jika anda ingin lebih mahir dalam mendesain theme website mungkin tidak ada salahnya jika Anda bisa meneliti dengan cara melihat website lain yang memiliki tampilan mobile dan responsive. Dengan begitu, anda bisa belajar dari website tersebut mengenai cara membuat website yang lebih mobile friendly dan ramah pengguna Smartphone, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *