Perkembangan bisnis eCommerce di Indonesia tak akan bisa terbendung lagi saat ini. Dengan gambaran profit yang menggiurkan, tentu siapa saja akan tergiur untuk ikut mencicipi nya. Bagi mereka yang ingin terjun langsung dan berkecimpung dalam bisnis online harus siap dengan persaingan ke depan yang pasti akan semakin ketat.

Demikian halnya dengan pengelola bisnis eCommerce yang bertumbuhan setiap waktu. Jika Anda salah satu nya, maka harus memiliki strategi yang mantab untuk menghadapi segala tantangan dan persaingan yang ada. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan dan bahkan mengembangkan bisnis eCommerce Anda.

Bagaimanakah tips jitu memaksimalkan bisnis ecommerce yang kita bangun? Berikut adalah Strateginya :

  1. Lakukan Riset Harga Terbaru Secara Rutin
    Strategi penetapan harga produk yang Anda miliki akan memberikan perbedaan besar dalam keberhasilan bisnis e-commerce. Anda bisa membuat jadwal rutin untuk melakukan riset harga terbaru.

    Pastikan harga yang Anda tawarkan kepada konsumen tidak terlalu jauh dari harga pasar pada umumnya. Sebab, hal tersebut akan memberikan dampak yang kurang baik pada perkembangan bisnis e-commerce. Selain itu, strategi yang tak kalah penting juga bagaimana cara mencari harga yang dapat memaksimalkan volume penjualan serta keuntungan Anda.

  2. Maksimalkan Fitur untuk Mobile Friendly 
    Semakin besarnya pengguna ponsel sekarang ini membuat website e-commerce juga perlu menyesuaikan diri. Utamakan sebuah situs yang mobile friendlyagar tetap mampu bersaing dengan situs lain. Dengan memaksimalkan fitur untuk ponsel, konsumen pun akan mendapatkan kemudahan untuk mengakses situs Anda melalui ponsel.

    Read More : Kemampuan Seorang Desain Grafis

  3. Beriklanlah Di Google AdWords
    Beriklan di AdWords memberikan banyak manfaat bagi pebisnis e-commerce. Iklan yang ditayangkan di AdWords sangat bagus dan tertarget. Artinya, iklan Anda akan ditayangkan pada audience dengan tingkat relevansi yang tepat.

    Selain itu, audience dari iklan Anda tergolong orang yang memiliki ketertarikan dengan isi iklan yang ditayangkan. Kata-kata yang terdapat di dalam konten sebuah iklan pasti memuat sejumlah kata kunci yang akan disesuaikan dengan pencarian pengunjung saat searching di internet.

  4. Remarketing Kunjungan Belanja Ecommerce
    Anda bisa mengambil data dari hasil beriklan di AdWords untuk melakukan remarketing terhadap pengunjung yang mungkin tidak berpengaruh terhadap ecommerce Anda. Dengan cara ini, pengunjung diharapkan dapat bertransaksi pada kunjungan kedua di website Anda. Menggunakan fungsi Google Analytics dapat membantu melakukan remarketing terhadap pergerakan konsumen Anda. Tujuannya agar konsumen menjadi lebih mengenal produk atau merek Anda yang pada akhirnya berpengaruh pada kenaikan transaksi.
  5. Membuka Kemungkinan Konsumen untuk Tidak Melakukan Transaksi
    Jangan memaksakan pelanggan untuk mendaftar guna bertransaksi sebelum ada keinginan dari klien untuk membeli. Ini termasuk kesalahan fatal dan akan menghilangkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pelanggan. Sebaliknya, website e-commerce perlu memberikan penawaran terhadap konsumen dengan tidak membuat fungsi yang terlihat seperti pemaksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *