Meskipun bisnis online tampak mudah untuk dijalankan, sebenarnya bisnis via internet memiliki tantangan tersendiri. Mekanisme pengelolaan yang mudah membuat banyak sekali bisnis online bermunculan. Berbagai jenis produk dan jasa kini bisa dipasarkan secara online, dan membuat persaingan semakin berat.

Meskipun persaingan bisnis online semakin ketat, jangan lupa dengan tujuan awal kita untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Agar Anda bisa mengungguli persaingan dan mendapatkan pelanggan online lebih banyak.

  1. Jangan targetkan semua orang
    Kita memang ingin mendapatkan pelanggan yang banyak dan sangat potensial bagi bisnis kita. Salah satu caranya adalah dengan menargetkan mereka untuk sasaran pemasaran kita. Tapi tahukah Anda, jika tidak semua orang atau kalangan bisa masuk dalam target bisnis kita? Kita harus tahu target yang tepat untuk bisnis kita. Kita harus melakukan pengamatan atau penelitian terlebih dahulu untuk mendapatkan target pasar yang sesuai.
  2. Buatlah strategi marketing yang menghibur
    Meskipun Anda ingin calon pelanggan tahu dan melihat Anda dari banyak canel iklan, tapi tahukah Anda jika itu menghibur mereka atau tidak? Bisa saja mereka hanya melihat tanpa merasa terhibur atau harus melakukan sesuatu selanjutnya. Anda harus memastikan bahwa mereka terhibur dengan konten pemasaran yang Anda buat. Baik dalam bentuk tulisan, audio ataupun video. Mereka yang terhibur akan mencari tahu lebih jauh tentang Anda dan tidak ragu untuk merekomendasikan Anda kepada orang lain.
  3. Promosi dan Diskon, It’s a must!
    Semua orang tentu menyukai diskon, penawaran spesial dan potongan harga, termausk pelanggan online. Jadi, berikanlah informasi yang heboh mengenai penawaran spesial dan diskon yang sedang Anda selenggarakan. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi mengenai ketentuan promo tersebut ya agar tidak terjadi beda persepsi antara anda dengan pelanggan online Anda.

    Baca Juga : Tips Menggait Konsumen Untuk Berbelanja Online

  4. Menyediakan sumber informasi gratis
    Jika Anda berorientasi hanya untuk keuntungan saja, maka pelanggan yang datang tidak akan bertahan lama. Cobalah untuk merubah sedikit pola pikir Anda dan memberikan pelanggan manfaat lebih dari bisnis Anda. Tidak ada salahnya Anda memberikan mereka fasilitas menarik, seperti sumber informasi atau blog gratis. Dimana di dalamnya Anda bisa mengisikan dengan berbagai informasi seputar bisnis atau tips bisnis. Ini jugalah yang akan membuat Anda mendapatkan kredibilitas berupa kepercayaan dari pelanggan Anda.
  5. Buat profil digital yang kuat
    Sekali lagi bahwa profil digital sangat penting untuk dikelola. Terutama ketika kita memulai bisnis di era teknologi seperti sekarang ini. Tidak ada yang bisa lepas dari teknologi digital, termasuk proses pemasaran bisnis Anda. Gunakan media digital untuk menuliskan siapa Anda, apa yang Anda jual dan apa solusi yang dapat Anda berikan untuk calon pelanggan. Kembangkan terus profil digital Anda, contohnya bisa melalui media sosial Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan website company profile. Pilih juga partner yang dapat Anda percaya untuk membantu mengelola kebutuhan marketing digital Anda, seperti website untuk pebisnis.
  6. Memastikan media yang digunakan sudah relevan
    Selain harus menghibur, Anda harus memastikan bahwa media yang digunakan sudah relevan. Sehingga Anda bisa meletakkan logo, nama perusahaan, dan segala atribut pemasaran dengan benar. Ketika semua sudah relevan dan tepat, pelanggan yang memiliki masalah akan dnegan mudah menemukan Anda sebagai solusi bagi mereka. Itulah tujuan utamanya, memberikan solusi bagi pelanggan yang potensial bagi bisnis Anda, dan itu ditemukan pada tempat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *