Bila Anda sudah bingung dengan keadaan lapangan kerja saat ini, dimana lulusan sarjana saja dirasa tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan banyaknya pesaing yang akan merebut atau bahkan menjatuhkan posisi anda.

Dan bila anda sudah mantap ingin membuang semua hal tersebut dan memulai kiprah di dunia desain grafis, menjadi freelancer bahkan membuka usaha sendiri merupakan jalan alternatif dari permasalahan anda tersebut.

Menjadi desain grafis memang menuntut kita untuk menjadi orang dengan pikiran terbuka serta mampu menuangkan kreatifitas di dalam sketsa. Namun, terlepas dari bakat atau kemampuan dalam bidang tersebut, ada beberapa hal yang ada baiknya anda perhatikan dalam memulai di bidang ini.

Dan tentu saja, beberapa tips berikut mungkin akan merubah pandangan serta mindset anda yang dikemudian hari dapat mengantar anda menuju kesuksesan.

‘Jalan Pintas Menjadi Desainer Grafis Terbaik’

#1 Jadilah Seseorang yang Gemar Mengumpulkan Koleksi Seni

Menjadi desainer grafis, berarti anda sudah harus siap untuk mengubah pandangan anda, pemandangan sekitar adalah zona anda. anda bisa menemukan banyak sekali inspirasi yang tersebar di sekitar. Dengan datang ke pameran seni saja, atau hobi mengumpulkan barang seni akan menambah inspirasi anda.

#2 Tak peduli seberapa kreatif anda, buku tetaplah jendela dunia

Kata siapa buku tidak diperlukan dalam desain grafis? Buku akan membantu anda menemukan informasi yang anda butuhkan mengenai desain grafis. tak cuma buku yang isinya tulisan saja, buku-buku seni yang menampilkan poster-poster artistik juga bisa membantu anda mengumpulkan inspirasi. Buku bisa menjadi referensi terbaik setelah pandangan anda terhadap lingkungan sekitar.

#3 Membuat Blog tentang Design

Senang membaca blog desain? Anda juga harus mencoba membuatnya. Bila anda sudah mempunyai banyak seni yang sekiranya pede untuk dipamerkan, coba saja unggah di blog pribadi anda. Tak cuma persoalan apresiasi yang dilakukan siapapun yg melihat blog anda. Anda juga akan menemukan seseorang yg mungkin tertarik pada karya anda dan ingin melakukan kerja sama dengan anda.

#4 Jangan Malu-malu untuk Bergabung dengan Komunitas Desain

Ini merupakan jembatan anda menuju dunia desain grafis yang lebih luas. dengan mengikuti sebuah forum, bertanya-tanya seputar desain grafis, rajin mengikuti kegiatan desain grafis adalah alternatif anda menuju kesuksesan. Jangan malu untuk bertanya, semakin banyak teman maka semakin banyak jalan yang terbuka untuk Anda.

#5 Berlatih dan terus berlatih

Siapa yang bilang kalau sudah berbakat maka latihan tidak perlu dilakukan lagi? Itu anggapan yang salah. bila anda sudah terampil pun latihan masih tetap menjadi prioritas anda. Cobalah untuk iseng membuat karya proyek kecil-kecilan, dimana anda bisa membuat brosurl, logo, poster atau banner yang menarik. mungkin itu juga bisa anda jadikan contoh desain untuk para pelanggan anda?

#6 Desain Ulang Karya Orang Lain

Tak perlu malu bila hendak meniru atau bahkan mengubah karya orang bila hanya untuk mempertajam kemampuan anda. Cobalah untuk mendesain karya orang lain yang sudah jadi, lalu anda bisa mengukur kemampuan anda sudah sejauh mana.

 

#7 Re-design Karya Lama Kamu

Semua hal memang harus dibangun dari 0 bila anda ingin menjadi orang yang sukses. tidak ada satupun di dunia ini yang selamanya berjalan lancar bila menggunakan cara yang instan. Tak perlu malu melihat karya lama anda yang mungkin tidak sebagus sekarang, cobalah untuk mendesainnya ulang untuk melihat sudah sejauh mana kemampuan anda terhadap desain grafis.

 

#8 Ikuti seminar

Selain ikut dalam komunitas desain grafis, ada baiknya juga bila anda sesekali untuk mengikuti seminar atau work shop seputar desain grafis, untuk menemukan inspirasi, menambah wawasan dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *