Menjadi seorang content marketing memang susah-susah gampang. Dapat membuat konten yang bagus, membuat judul yang menarik, dan memahami lingkungan sekitar sebenarnya kunci mendasar menjadi seorang content marketing.

Saat ini, content marketing telah menjadi salah satu bidang yang mulai diminati banyak kalangan. Dan karena itu makin kemari semakin banyak pesaing yang mampu membuat konten lebih baik daripada anda. Bahkan para penulis saat ini mungkin tengah saling berlomba-lomba memamerkan hasil tulisan mereka ke tengah publik dunia maya. Kalau dulu hanya bisa menulis saja sudah bisa dijadikan modal, sekarang jangan harap menemukan hal sederhana seperti itu lagi.

Kalau kita menelisik makna mendasar dari definisi content marketing yang dijelaskan dengan gamblang seperti berikut, “Content marketing adalah pendekatan strategi pemasaran yang difokuskan pada pembuatan dan pendistribusian konten yang bernilai, relevan dan konsisten agar bisa menarik dan mempertahankan audiens yang sudah ditetapkan secara jelas, dan secara keseluruhan untuk mendorong tindakan pelanggan yang bisa menghasilkan keuntungan.” maka ada beberapa syarat mutlak yang wajib dimiliki seorang content marketing.

 

  • Mampu Menulis Dengan Sebaik-baiknya

Ini merupakan syarat termutlak untuk menjadi seorang content marketing, tak hanya mampu membuat karya tulis sesuai dengan EYD dan tata bahasa, kini terdapat beberapa skill lain yang ada baiknya anda pelajari dan terapkan, yaitu :

  • Mengusung tema karya tulis yang relevan untuk dibaca
  • Menyesuaikan gaya bahasa yang asik untuk dibaca
  • Menyederhanakan topik yang kompleks
  • Penggunaan istilah yang tepat
  • Membuat kalimat pembuka & penutup yang menarik untuk dibaca

Namun, bukan berarti kamu mengabaikan penggunaan bahasa yang tepat karena tuntutan penggunaan bahasa yang ‘enak dibaca’, tetap gunakan bahasa yang sesuai untuk konten yang sesuai.

 

  • Mampu Menciptakan Judul yang Menarik Minat Baca Seseorang

Rasanya sia-sia membuat artikel sedemikian bagus dan panjang lebar namun bila orang tak merasa tertarik untuk membacanya. Nah, Judul juga merupakan hal terpenting dalam pembuatan konten web. Judul berupa ajakan atau membuat orang merasa ingin membuka artikel tersebut adalah judul terbaik yang bisa anda terapkan sendiri. Bahkan survey menunjukan bahwa mayoritas pengguna gadget hanya tertarik terhadap judul artkel, bukan isinya. Lalu, dikatakan bahwa penulis artikel mampu menghabiskan waktu hanya untuk menentukan judul artikel yang dibuatnya.

Terdapat beberapa strategi dalam pembuatan judul artikel, seperti mancantumkan kata-kata sifat tertentu yang membuat orang merasa tertarik untuk membacanya, anda juga bisa sesekali mencantumkan kalimat kontroversi yang membuat orang penasaran, Namun harus tetap perhatikan bahwa judul dan isi konten harus relevan

 

  • Memahami Keadaan dan Lingkuangan Sekitar

Dalam membuat blog, anda tidak harus ahli dalam hal berupa SEO, desain web, sampai berbagai metrik yang kompleks. Walaupun itu merupakan pengetahuan, namun satu hal yang terpenting adalah isi konten web anda sendiri dari sudut pandang pengunjung web anda.

Berpikir menurut sudut pandang pengunjung web, hal tersebut akan membantu anda mencari mana kelemahan yang tersembunyi di situs anda. Misalnya dari segi konten yang kurang enak dibaca. Memaksimalkan kemampuan anda dalam mengolah web, dan SEO akan perlahan mengikuti perkembangan kualitas web anda.

 

  • Kuasai Dasar Ilmu Pemasaran

Pada akhirnya, Content Marketing merupakan bagian dari pemasaran, meski nyaris tidak mirip dengan pemasaran secara konvensional. Ada baiknya bila anda tetap memahami konsep dasar pemasaran. Bila itu telah anda kuasai maka anda sendiri akan menemukan tujuan anda menulis, tujuan anda mencipatkan web, dan bagimana strateginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *